Minggu, 27 Desember 2009

EFEK KOPI DAN ROKOK

Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan berita kematian seorang seniman fenomenal, mah surip. Beliau memang meninggal terlalu cepat dan membuat kita tercengung kaget, disaat seharusnya dia menikmati hasil kesuksesannya. Tapi taukah anda bahwa ternyata mbah surip menggendong penderitaan fisiknya, tapi tersamarkan dengan tawa khasnya yang ha..ha..ha.., yang menjadi fenomenal dan membuat banyak orang menirukan tawa khas itu.
Setelah dicermati pola hidupnya. Tiap hari dia tidak pernah minum air putih, tapi minumnya selalu kopi manis yang tiap hari bisa menghabiskan hampir 8 gelas. Rokok yang selalu menemaninyaa tiap hari tidak kurang dari 4 bungkus.
Kopi dan rokok adalah 2 hal yang biasanya sering digunakan bersama bagi perokok. Padahal 2 zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan khususnya jantung apabila digunakan secara berlebihan. Rokok jelas sekali, berapa banyak penelitian yang menbuktikan bahayanya rokok. Mulai dari impotensi sampai kanker paru. Akan tetapi banyak juga yang tetap merokok walaupun sudah tau bahayanya. Sedangkan kopi sebnarnya tidak sejahat rokok, tapi tetap memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Kopi biasanya diminum untuk menahan ngantuk. Kopi akan membuat badan kita tetap segar dan tidak mudah mengantuk. Kafein adalah nama zat yang terdapat dalam kopi yang mampu membuat jantung kita berdetak lebih kuat sehingga gerakan jantung yang kuat sama saja jantung memeras darah yang ada di dalamnya lebih kencang. Perasaan yang kencang ini akan mampu mengalirkan darah sampai ke otak, sehingga otak akan mendapatkan oksigen dan bahan makanan yang cukup dan menjadi segar. Tapi taukah anda, apa yang terjadi pada pembuluh darah yang deripher?
Kafein akan mengakibatkanvasokontriksi dari pembuluh darah sehingga hal ini akan mengakibatkan tekanan darah meningkat. Hal ini tidak menjadi masalahpada orang dengan teekanan darah normal, tetapi akan sangat berbahaya jika terjadi pada orang dengan tekanan yang tinggi. Jantung juga akan bekerja terlau keras apabila terus menerus dirangsang dengan kafein. Lama kelamaan jantung juga akan membesar dan akan mengurangi kontraktilitas otot-ototnya. Hal ini akan terjadi terus menerus akan mengakibatkan gagal jantung. Jantung akan sehat apabila kondisi pembuluh darah juga sehat. Pembuluh darah akan sehat jika cairan yang melewatinya juga sehat. Darah akan menjadi sehat apabila makanan dan minuman yang masuk tubuh kita juga sehat.
Melihat pemaparan tersebut diatas, sudah seharusnya kita mulai menerapkan pola hidup sehat dalam hidup kita. Hindari rokok dan kurangi minum kopi. Yang baik adalah denagn mengkonsumsi buah, sayur serta karbohidrat dan protein yang terpilih. Ingatlah bahwa kesehatan selalu dimulai dari pola hidup sehat. Kiranya apa yang dialami oleh mbah surip bisa memberikan pelajaran yang berharga dalam hidup kita khususnya berkenaan dengan kesehatan kita. Tinggalkan kebiasaan tidak sehat anda...mari hidup sehar....!!

Sumber: oxygen news magazine edisi 29 september-oktober 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar