Rabu, 24 November 2010

PENTINGNYA ETIKA DALAM BERBISNIS
Munculnya etika bisnis didorong oleh realitas bisnis yang mengabaikan nilai-nilai moralitas. Bagi sebagian orang, bisnis adalah aktivitas ekonomi manusia yang bertujuan mencari laba saja. Cara apapun boleh dilakukan demi meraih tujuan tersebut. Konsekuensinya, aspek moralitas tidak bisa dipakai untuk menilai bisnis dan dianggap akan menghalangi kesuksesannya. Di lain pihak, aktivitas bisnis dimaksudkan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, sementara prinsip-prinsip moralitas membatasi aktivitas bisnis.
Kelaompok lain berpendapat bahwa bisnis bisa disatukan dengan etika. Etika merupakan alasan-alasan rasional tentang semua tindakan manusia dalam semua aspek kehidupannya, tidak terkecuali aktivitas bisnis. Secara umum bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atau juga sebagai suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Antara bisnis dan moralitas tidak ada kaitan apa-apa dan karena itu merupakan kekeliruan jika aktivitas bisnis dinilai dengan menggunakan tolak ukur moralitas.
Persaingan dalam dunia bisnis adalah persaingan kekuatan modal. Pelaku bisnis dengan modal besar berusaha memperbesar jangkauan bisnisnya sehingga para pengusaha kecil semakin terseret. Praktek KKn telah memainkan peranan penting dalam proses tersebut. Krisis moneter yang berkepanjangan di Indonesia, tidak bisa dilepaskan dari proses kegiatan perekonomian yang demikian, yakni menipisnya nilai-nilai moralitas dalam aktivitasnya.
Pemikiran etika bisnis islam muncul kepermukaan,islam adalah agama yang sempurna. Kumpulan aturan-aturan ajaran dan nilai-nilai yang dapat menghantarkan manusia dalam kehidupannya menuju tujuan kebahagiaan hidup baik didunia maupun diakhirat. Agama yang memberikan cara hidup terpadu mengenai aturan-aturan aspek sosial, budaya, ekonomi, sipil dan politik. Dalam perkembangannya etika bisnis islam tidak sedikit dipahami sebagai representasi dari aspek hukum. Pengembangan etika bisnis islam yang mengedepankan etika sebagai landasan filosofinya merupakan agenda yang signifikan untuk dikembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar